Syarat dan Ketentuan


Daftar Isi


Seluruh konten termasuk di dalam atau yang dibuat tersedia melalui Layanan Aplikasi Pegadaian Digital, termasuk namun tidak terbatas pada teks, grafik, logo, ikon, gambar, audio/video klip, unduhan digital, kompilasi data, dan software adalah milik dari PT PEGADAIAN (Persero), penyedia konten dan seluruh konten yang ada di dalam dan dibuat melalui layanan Aplikasi Pegadaian Digital dilindungi oleh Peraturan Perundang-Undangan Republik Indonesia mengenai Hak Cipta.

PERATURAN UMUM BESERTA SYARAT DAN KETENTUAN (TERM OF SERVICE) APLIKASI PEGADAIAN DIGITAL

Umum

Selamat datang di Aplikasi Pegadaian Digital milik PT PEGADAIAN (Persero) sebagai sarana online untuk menggunakan dan melakukan transaksi terhadap Produk-Produk PT PEGADAIAN (Persero). Peraturan Umum berserta Syarat dan Ketentuan ini dapat kami ubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan mengikat Nasabah. Nasabah memberikan tanda centang () pada kolom yang tersedia di formulir sebagai bentuk persetujuan.

Definisi

    1. Pegadaian adalah PT PEGADAIAN (Persero), berkedudukan dan berkantor pusat di Jakarta Pusat, termasuk seluruh cabang dan unitnya;
    2. PT Pegadaian Galeri Dua Empat selanjutnya disebut Galeri 24 merupakan anak Perusahaan PT Pegadaian (Persero) yang bergerak di bidang perdagangan emas;
    3. Pegadaian Digital merupakan layanan digital Pegadaian dalam bentuk aplikasi berbasis web dan/atau mobile yang dapat memberikan pelayanan produk Pegadaian kepada masyarakat;
    4. Produk Pegadaian adalah seluruh layanan Pegadaian kepada masyarakat baik diciptakan sendiri oleh Pegadaian ataupun produk pihak ketiga yang telah bekerjasama dengan Pegadaian;
    5. Pengguna adalah masyarakat umum baik yang sudah menjadi Nasabah Pegadaian ataupun yang belum menjadi Nasabah yang menggunakan Pegadaian Digital;
    6. User Id adalah identitas yang dimiliki oleh setiap Pengguna yang digunakan untuk login ke Aplikasi Pegadaian Digital;
    7. Password/PIN Login adalah kode rahasia yang dimiliki dan digunakan Pengguna untuk login ke Aplikasi Pegadaian Digital;
    8. Layanan notifikasi SMS adalah pemberitahuan oleh Pegadaian melalui SMS ke telepon selular Pengguna terkait transaksi dan layanan tertentu yang disediakan oleh Pegadaian;
    9. Layanan notifikasi Email adalah pemberitahuan oleh Pegadaian melalui email ke alamat email terdaftar milik Pengguna terkait transaksi dan layanan tertentu yang disediakan oleh Pegadaian;
    10. Transaksi Finansial adalah transaksi yang memungkinkan terjadinya perpindahan dana atau saldo emas dari satu rekening ke rekening lainnya (misalnya: transfer, cetak, buyback, dll), pembayaran dan sebagainya;
    11. Transaksi Non Finansial adalah transaksi yang bersifat informasi (seperti harga emas, pengajuan Pinjaman secara online, cek saldo, mutasi rekening, daftar pinjaman dan sebagainya) atau aktivitas perubahan credential data, pendaftaran rekening bank Pengguna, dll;
    12. Pegadaian Tabungan Emas selanjutnya disebut sebagai Tabungan Emas, adalah emas yang dimiliki Nasabah berdasarkan penitipan emas yang disetujui oleh Pegadaian dan Nasabah dengan transaksi yang hanya dapat dilakukan sesuai dengan syarat dan ketentuan ini;
    13. Transaksi adalah segala kegiatan Nasabah yang berdampak pada penambahan dan pengurangan saldo emas yang berasal dari penjualan, pembelian, pencetakan, transfer dan kegiatan lainnya atau kegiatan Nasabah atas status Rekening seperti Pemblokiran yang dilakukan melalui Pegadaian Digital;
    14. Saldo emas adalah jumlah emas milik Nasabah yang dititipkan di rekening Tabungan Emas;
    15. Rekening adalah catatan seluruh transaksi yang memuat mutasi penambahan dan pengurangan saldo emas yang berasal dari data penjualan, pembelian, pencetakan, dan transaksi lainnya;
    16. Buku Pegadaian Tabungan Emas yang selanjutnya disebut Buku Tabungan Emas adalah bukti kepemilikan atas emas yang dititipkan oleh Nasabah kepada Pegadaian yang memuat seluruh catatan transaksi pada nomor rekening Tabungan Emas;
    17. Nasabah adalah pihak-pihak yang membuka rekening Tabungan Emas dengan persyaratan yang berlaku di Pegadaian, baik untuk orang pribadi maupun badan;
    18. Orang pribadi adalah orang perorangan yang telah memenuhi persyaratan untuk menjadi Nasabah di Pegadaian berdasarkan ketentuan yang berlaku di Pegadaian;
    19. Badan adalah suatu badan atau Lembaga berbadan hukum atau bukan badan hukum yang telah memenuhi persyaratan untuk menjadi Nasabah di Pegadaian berdasarkan ketentuan yang berlaku di Pegadaian;
    20. Biaya adalah beban yang diberikan Pegadaian kepada Nasabah baik secara berkala atau tidak atas jasa yang diberikan oleh Pegadaian;
    21. Pembelian Tabungan Emas yang selanjutnya disebut top up adalah pembelian emas oleh Nasabah dari Galeri 24 melalui Pegadaian Digital dengan harga dan berat yang ditetapkan oleh Galeri 24;
    22. Penjualan Tabungan Emas yang selanjutnya disebut buyback adalah penjualan saldo emas milik Nasabah kepada Galeri 24 melalui Pegadaian Digital berdasarkan harga dan berat yang ditetapkan oleh Galeri 24;
    23. Transfer Emas adalah perpindahan saldo emas dari satu rekening ke rekening lainnya;
    24. Order Cetak Emas adalah permohonan cetak saldo emas oleh Nasabah/Penerima Kuasa kepada Galeri 24;
    25. Pegadaian Mulia selanjutnya disebut MULIA adalah pemberian pinjaman guna kepemilikan emas batangan dengan menggunakan perjanjian yang disertai gadai;
    26. Transaksi Nasabah adalah segala kegiatan Nasabah untuk melakukan pembelian emas batangan kepada Galeri 24 melalui Pegadaian Digital dengan pemberian pinjaman yang dilakukan menurut cara yang ditentukan dan diterima baik oleh Pegadaian;
    27. Harga Dasar Emas adalah harga logam mulia emas dalam bentuk tabel harga yang diterbitkan oleh Galeri 24 dan diupload ke Pegadaian Digital;
    28. Jangka Waktu adalah batas waktu Angsuran Utang Nasabah dalam pemberian pinjaman MULIA yang disepakati dengan Nasabah;
    29. Uang Muka adalah sejumlah uang yang harus dibayar oleh Nasabah kepada Galeri 24 pada saat akad/perjanjian untuk pembelian emas batangan melalui Pegadaian Digital;
    30. Margin Angsuran adalah persentase tertentu sebagai keuntungan atas transaksi pemberian pinjaman MULIA secara angsuran yang dihitung dari harga dasar emas;
    31. Potongan Margin Angsuran adalah potongan yang diberikan kepada Nasabah apabila melakukan pelunasan sebelum jangka waktu jatuh tempo yang disepakati atau terjadi pelunasan sekaligus dari penjualan barang jaminan bermasalah atau Angsuran Utang Nasabah yang macet;
    32. Biaya Administrasi adalah biaya yang dikenakan kepada setiap Nasabah untuk setiap Perjanjian Pegadaian MULIA;
    33. Denda adalah sanksi kepada Nasabah berupa sejumlah uang yang besarnya disepakati dalam Perjanjian atas keterlambatan pembayaran angsuran;
    34. Pokok Utang Nasabah adalah jumlah tertentu hasil pengurangan Harga Jual Emas dikurangi Uang Muka;
    35. Sisa Utang Nasabah adalah pengurangan Utang Nasabah dengan Angsuran Pokok Utang Nasabah;
    36. Tunggakan adalah Sisa Angsuran Utang Nasabah yang belum dibayar oleh Nasabah setelah tanggal jatuh tempo;
    37. Jatuh tempo angsuran adalah tanggal yang menjadi batas akhir pembayaran angsuran dalam setiap bulannya, batas akhir tanggal pembayaran angsuran ditentukan pada tanggal yang sama bulan berikutnya yang ditetapkan dan tercantum di Perjanjian. Jika tanggal jatuh tempo angsuran jatuh pada hari libur atau hari yang diliburkan maka tanggal jatuh tempo angsuran jatuh pada hari kerja sebelum hari libur atau hari yang diliburkan tersebut;
    38. Lelang adalah proses penyelesaian atas pinjaman Pegadaian MULIA yang menunggak angsuran minimal 30 (tiga puluh) hari dari tanggal jatuh tempo angsuran dengan cara menjual emas batangan agunan Pegadaian Mulia;
    39. Harga Dasar Lelang Emas yang selanjutnya disebut HDLE adalah harga pasar yang ditetapkan oleh Kantor Pusat Pegadaian untuk penjualan lelang emas yang berlaku pada saat tanggal pelaksanaan lelang;
    40. Harga Minimum Lelang yang selanjutnya disebut HML adalah harga minimal yang ditetapkan berdasarkan HDLE untuk penjualan emas batangan dalam proses lelang dengan memperhitungkan bea lelang pada Produk Pegadaian MULIA;
    41. Uang Kelebihan Lelang adalah hak nasabah atas selisih dari hasil penjualan lelang dikurangi denda tunggakan, denda keterlambatan angsuran, dan biaya proses lelang.
    42. Customer Due Dilligence atau Uji Tuntas Nasabah yang selanjutnya disingkat CDD adalah kegiatan berupa identifikasi, verifikasi dan pemantauan yang dilakukan oleh Perusahaan untuk memastikan transaksi sesuai dengan profil, karakteristik, dan/atau pola transaksi calon Nasabah/Nasabah;
    43. CDD Secara Elektronik adalah CDD yang dilakukan oleh Perusahaan dengan menggunakan system elektronik;
    44. CDD Sederhana Secara Elektronik adalah CDD secara elektronik yang dilakukan pada kondisi yang memiliki tingkat risiko rendah dengan permintaan data yang lebih sederhana dari CDD secara Elektronik.

Ketentuan Customer Due Dilligence (CDD) Secara Elektronik

Persyaratan Customer Due Dilligence (CDD) Secara Elektronik di antaranya sebagai berikut:

  1. Pengguna melakukan upload identitas diri yaitu E-KTP;
  2. Pengguna melengkapi data biometrik, yang salah satunya adalah Upload foto diri;
  3. Mengisi Sumber Dana atau Barang;
  4. Mengisi Maksud dan Tujuan transaksi.

Pengajuan Gadai

  1. Pengguna dapat mengajukan permintaan pinjaman melalui skim gadai secara online pada Aplikasi Pegadaian Digital;
  2. Pengguna wajib melengkapi CDD Secara Elektronik;
  3. Pengguna mengupload foto barang jaminan dan melengkapi data barang yang akan dijadikan agunan serta memastikan bahwa data yang diinput adalah benar;
  4. Pengguna memilih kantor pelayanan Pegadaian dan menentukan tanggal dan waktu kedatangan;
  5. Pengguna akan mendapatkan nilai perkiraan uang pinjaman yang diperoleh berdasarkan data yang diinput Pengguna, yang nilainya merupakan indikasi nilai pinjaman dan tidak mengikat Pegadaian;
  6. Nilai perkiraan uang pinjaman tersebut merupakan indikasi bukan merupakan ikatan Pegadaian dalam menilai barang jaminan yang diinput Pengguna;
  7. Pengguna wajib datang ke kantor pelayanan Pegadaian berdasarkan tanggal dan waktu yang ditentukan sebelumnya atau berdasarkan waktu yang ditentukan Pegadaian dengan membawa barang jaminan;
  8. Proses penilaian barang jaminan dan pencairan pinjaman dilakukan di kantor pelayanan Pegadaian;
  9. Pengguna setuju terhadap perjanjian utang piutang berdasarkan Surat Bukti Gadai yang ditandatangani pada saat pencairan kredit.

Pengajuan Pembiayaan Usaha

  1. Pengguna dapat mengajukan permintaan pinjaman usaha melalui skim fidusia secara online pada Aplikasi Pegadaian Digital;
  2. Pengguna wajib melengkapi CDD Secara Elektronik;
  3. Pengguna melengkapi data usaha Pengguna dengan benar;
  4. Pengguna melengkapi data barang yang akan dijadikan agunan dan memastikan bahwa data yang diinput adalah benar;
  5. Pengguna memilih kantor layanan Pegadaian yang akan melakukan proses survei kegiatan usaha Pengguna;
  6. Pengguna setuju terhadap prosedur yang Pegadaian tetapkan terkait dengan survey dan persetujuan pengajuan pinjaman pembiayaan usaha.

Pembayaran dan Pembelian Produk Pegadaian

  1. Pengguna dapat melakukan pembayaran atau pembelian Produk Pegadaian pada Aplikasi Pegadaian Digital;
  2. Pembayaran dapat dilakukan berdasarkan metode pembayaran yang sudah ditentukan Pegadaian pada Aplikasi Pegadaian Digital;
  3. Pegadaian dapat menambah maupun mengurangi pada sewaktu-waktu metode pembayaran pada Aplikasi Pegadaian Digital;
  4. Pengguna setuju kepada ketentuan yang ditetapkan Pegadaian maupun mitra Pegadaian yang bekerjasama metode pembayaran Produk Pegadaian.

Pengajuan MULIA

  1. Nasabah yang melakukan transaksi Pegadaian Mulia wajib memilih outlet atau agen yang ditunjuk sesuai dengan lokasi Nasabah, dan melakukan CDD Secara Elektronik pada aplikasi Pegadaian Digital, serta melengkapi form transaksi Pegadaian Mulia untuk pengambilan logam mulia;
  2. Nasabah yang telah melakukan pemilihan emas batangan wajib melakukan pembayaran uang muka kepada Galeri 24 sesuai dengan ketentuan dan waktu yang telah ditentukan oleh aplikasi Pegadaian Digital;
  3. Apabila Nasabah telah memilih emas batangan belum melakukan pembayaran uang muka sampai dengan batas waktu yang ditentukan oleh Aplikasi Pegadaian Digital maka otomatis transaksi Pegadaian Mulia akan dibatalkan;
  4. Pada saat melakukan transaksi Pegadaian Mulia, sebagai wujud pernyataan Nasabah telah menyetujui untuk melakukan transaksi dimaksud, Nasabah wajib mengisi dan memberikan tanda () pada kolom yang tersedia mengenai syarat dan ketentuan di Aplikasi Pegadaian Digital;
  5. Bahwa uang yang digunakan tidak berasal dari dan/atau untuk tujuan pencucian uang (money laundering) dan/atau pendanaan kegiatan terorisme;
  6. Pengambilan emas batangan yang telah dilunasi tidak boleh diwakilkan kecuali Nasabah yang bersangkutan telah meninggal sehingga dapat diwakilkan oleh Ahli Waris Nasabah;
  7. Galeri 24 selaku Penjual dan Nasabah selaku Pembeli memahami dan menyetujui bahwa pajak yang timbul atas transaksi jual beli merupakan tanggungjawab masing-masing pihak, sesuai dengan ketentuan pajak yang berlaku di Peraturan Perundang-undangan di Indonesia;
  8. Nasabah setuju dengan syarat dan ketentuan Pembelian Emas batangan yang ditentukan oleh Galeri 24 yang disampaikan pada Pegadaian Digital, yang memuat antara lain:
    1. Jenis Logam Mulia;
    2. Denominasi;
    3. Jumlah Keping;
    4. Harga Emas.
  9. Pemberian Pinjaman Mulia dapat dilakukan oleh Pegadaian apabila Nasabah telah menyerahkan uang muka pembelian kepada Galeri 24 sebesar minimal 15% dan maksimal 90% atau sesuai sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Pegadaian;
  10. Apabila Nasabah tidak membayar angsuran sampai dengan tanggal jatuh tempo, maka pada hari pertama nasabah dikenakan Denda maksimal sebesar 4% (empat perseratus) dibagi dengan 30 (tiga puluh) hari dari besarnya angsuran;
  11. Nasabah dikenakan biaya administrasi sebesar Rp50.000,-;
  12. Nasabah setuju untuk mengikatkan diri pada Syarat dan Ketentuan transaksi Pegadaian Mulia.

Pembukaan Rekening Tabungan Emas

  1. Pada awal pembukaan Rekening, Nasabah wajib melengkapi CDD Secara Elektronik;
  2. Adapun informasi tambahan yang harus dilengkapi di antaranya berupa:
    1. Melengkapi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan upload foto NPWP;
    2. Rekening bank (nama Nasabah, nama bank dan nomor rekening).
  3. Pengguna yang telah melakukan pembukaan rekening wajib memilih outlet atau agen yang ditunjuk sesuai dengan lokasi Nasabah dan melakukan CDD pada aplikasi Pegadaian Digital;
  4. Pengguna yang telah melakukan pembukaan rekening wajib melakukan setoran awal sebesar Rp50.000,- dengan ketentuan maksimal pada pukul 22.00 WIB;
  5. Apabila Pengguna yang telah melakukan pembukaan rekening belum melakukan pembayaran sampai dengan berakhirnya periode pembayaran, maka rekening yang telah dibuka dibatalkan secara otomatis;
  6. Nasabah yang telah melakukan proses CDD Secara Elektronik dapat mengambil Buku Tabungan Emas ke Outlet Pegadaian yang telah ditentukan oleh Nasabah;
  7. Batas waktu Nasabah yang telah melakukan pembukaan rekening untuk melakukan proses CDD Secara Elektronik adalah maksimal 6 (enam) bulan sejak tanggal pendaftaran;
  8. Nasabah yang telah melakukan proses CDD Sederhana Secara Elektronik hanya dapat melakukan transaksi Pembelian Tabungan Emas dengan akumulasi transaksi maksimal senilai Rp20.000.000,- (dua puluh juta rupiah);
  9. Apabila Nasabah belum melakukan proses CDD Secara Elektronik sampai dengan maksimal jangka waktu sebagaimana poin (6), maka Pegadaian akan membekukan rekening Tabungan Emas Nasabah sampai dengan 18 (delapan belas) bulan sejak tanggal pembukaan rekening Tabungan Emas;
  10. Selama rekening Tabungan Emas dibekukan, Nasabah tetap dibebankan biaya fasilitas penitipan emas. Sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Pegadaian;
  11. Apabila tidak dilakukan proses CDD Secara Elektronik sampai dengan batas akhir waktu pembekuan rekening Tabungan Emas, Nasabah melakukan buyback yang dimiliki kepada Galeri 24 dengan harga pada saat batas akhir waktu pembekuan rekening;
  12. Pegadaian akan melakukan pengembalian Dana kepada Nasabah yang diperoleh dari buyback Nasabah sebagaimana dimaksud ayat (12) yang akan dibayarkan melalui nomor rekening bank yang telah didaftarkan oleh pemilik saat transaksi pembukaan rekening Tabungan emas;
  13. Pegadaian melakukan transfer ke rekening bank Nasabah setiap satu kali dalam sebulan dan pada tanggal yang telah ditentukan;
  14. Nasabah yang telah melakukan proses CDD Secara Elektronik dapat melakukan seluruh transaksi Tabungan Emas sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  15. Nasabah yang telah melakukan pembukaan rekening dan belum melakukan proses CDD baik CDD Secara Elektronik maupun CDD Sederhana Secara Elektronik, hanya dapat melakukan transaksi pembelian dengan maksimal pembelian sebesar 10 (sepuluh) gram selama jangka 6 (enam) bulan sejak tanggal pendaftaran;
  16. Sebagai bukti kepemilikan, Pegadaian menerbitkan Buku Tabungan Emas dan Nomor Rekening;
  17. Jangka waktu fasilitas penitipan emas adalah 1 (satu) tahun sejak tanggal pembukaan rekening dan dapat diperpanjang kembali.

Transaksi Nasabah

  1. Setiap transaksi yang dilakukan oleh Nasabah, dilakukan melalui Pegadaian Digital;
  2. Nasabah dengan ini memberi kuasa dan wewenang kepada Pegadaian untuk melaksanakan transaksi Nasabah antara lain:
    1. Transaksi top up

      Pada transaksi ini Nasabah memberikan kuasa kepada Pegadaian untuk menyerahkan uang pembelian emas ke Galeri 24;
    2. Transaksi buyback

      Pada transaksi ini Nasabah memberikan kuasa kepada Pegadaian untuk menyerahkan saldo emas ke Galeri 24;
    3. Transaksi order cetak

      Pada transaksi ini Nasabah memberikan kuasa k2epada Pegadaian untuk menyerahkan saldo emas ke Galeri 24 untuk dicetak menjadi emas sesuai berat dan jenis yang disepakati;
    4. Transaksi transfer

      Pada transaksi ini Nasabah pengirim dan Nasabah penerima memberikan kuasa kepada Pegadaian untuk:
      1. Mengirimkan saldo emas ke rekening tabungan emas penerima;
      2. Menerima saldo emas dari rekening tabungan emas pengirim.
  3. Pegadaian berhak pada setiap waktu untuk tidak melaksanakan transaksi Nasabah sebelum menerima konfirmasi dari Nasabah sebagaimana yang dimaksud ayat (1) Pasal ini;
  4. Transaksi yang terekam atau yang dikeluarkan oleh sarana elektronik dan/atau sarana komunikasi lainnya yang digunakan oleh Pegadaian baik berupa data elektronik maupun data yang tercetak merupakan bagian dari sistem transaksi yang digunakan Pegadaian dan merupakan bukti yang sah serta mengikat Pegadaian dan Nasabah;
  5. Identifikasi Nasabah lainnya yang digunakan dalam transaksi pada Pegadaian Digital merupakan bukti sah dan mengikat Pegadaian dan Nasabah;
  6. Nasabah tidak berhak membatalkan atau merubah transaksi setelah proses berjalan pada Pegadaian Digital;
  7. Risiko atas transaksi Nasabah menjadi tanggung jawab sepenuhnya dari Nasabah;
  8. Pegadaian berhak menolak transaksi apabila identifikasinya tidak sesuai dengan data yang ada dan bertentangan dengan ketentuan Pegadaian, seperti tidak memenuhi ketentuan yang berlaku, tidak memberikan informasi dan dokumen pendukung sesuai ketentuan hukum yang berlaku, diketahui dan/atau patut diduga menggunakan dokumen palsu dan/atau memberikan data yang tidak benar, menyampaikan informasi yang diragukan kebenarannya dan/atau memiliki sumber dana transaksi yang diketahui dan/atau patut diduga berasal dari tindak pidana. Atas penolakan itu, Pegadaian dibebaskan dari segala tuntutan yang timbul dari pihak manapun;
  9. Transaksi Nasabah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan waktu pelayanan melalui transaksi elektronik.

Penitipan

  1. Nasabah sepakat menitipkan emas yang diperoleh dari Top Up dan penerimaan transfer emas kepada Pegadaian sampai Nasabah ingin melakukan Buyback, Order Cetak dan pengiriman transfer serta penutupan rekening berdasarkan ketentuan Pegadaian;
  2. Atas transaksi penitipan emas sebagaimana dimaksud ayat (1) Pasal ini, Pegadaian tidak memberikan imbal hasil kepada Nasabah.

Jangka Waktu Penitipan

  1. Tabungan Emas Nasabah dititipkan di Pegadaian untuk jangka waktu per 1 (satu) tahun.
  2. Jangka waktu sebagaimana dimaksud ayat (1) Pasal ini dapat diperpanjang dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Nasabah melakukan perpanjangan dengan melakukan pembayaran tunai biaya fasilitas penitipan emas di outlet Pegadaian; atau
    2. Apabila tidak dilakukan pembayaran tunai pada saat jangka waktu penitipan berakhir, dilakukan perpanjangan otomatis dengan cara Nasabah melakukan penjualan emas sebesar biaya fasilitas penitipan emas per tahunnya apabila saldo emas mencukupi dengan harga pada saat jangka waktu penitipan berakhir;
    3. Selisih pembayaran oleh Nasabah pada transaksi perpanjangan otomatis sebagaimana dimaksud huruf b, maka akan dilakukan pembulatan ke bawah (Round-Down) sebesar 0,0001gram, yang selisihnya dibebankan kepada Pegadaian.
    4. Transaksi penjualan emas kembali dapat dihentikan sementara oleh Galeri 24 berdasarkan instruksi Pegadaian
  3. Apabila sampai berakhirnya jangka waktu penitipan tidak dilakukan perpanjangan sebagaimana dimaksud ayat (2) Pasal ini, maka Pegadaian berhak menutup rekening Tabungan Emas tersebut.

Top Up dan Buyback Tabungan Emas

Nasabah setuju dengan Syarat dan Ketentuan top up dan buyback yang ditetapkan oleh Galeri 24 yang tercantum pada Formulir tersendiri, yang memuat jenis transaksi sebagai berikut:

  1. Ketentuan top up:
    1. Nasabah wajib mengisi sumber dana untuk transaksi;
    2. Pembatasan transaksi top up yaitu 0,01gram – 100gram per CIF per hari;
    3. Selisih pembayaran oleh Nasabah pada transaksi Top Up, maka akan dilakukan pembulatan ke atas (Round-Up) sebesar 0,0001gram, yang selisihnya dibebankan kepada Galeri 24;
    4. Uang yang dipergunakan Nasabah tidak berasal dari dan/atau untuk tujuan pencucian uang (money laundering) dan/atau pendanaan kegiatan terorisme.
  2. Ketentuan buyback:

    Pembatasan transaksi buyback yaitu 1gram - 100gram per CIF per hari.

  3. Harga top up dan buyback ditetapkan oleh Galeri 24 setiap harinya yang dapat diketahui Nasabah sebelum transaksi;
  4. Cara pembayaran dapat dilakukan dengan cara tunai dan non tunai;
  5. Apabila melampaui pembatasan transaksi tersebut di atas, harus mendapatkan izin Direksi Galeri 24.

Order Cetak Emas

Saldo emas dapat dicetak dalam bentuk emas sesuai dengan permintaan Nasabah dan Nasabah setuju pada Syarat dan Ketentuan order cetak emas yang ditetapkan oleh Galeri 24 yang tercantum pada Formulir tersendiri, yang memuat antara lain:

  1. Saldo Emas dapat dicetak apabila mencapai batasan berat untuk dicetak dan dikenakan biaya pencetakan emas yang ditentukan oleh Galeri 24;
  2. Saldo emas minimal setelah cetak yaitu 0,1gram pada rekening tabungan emas, apabila Nasabah tidak ingin melakukan penutupan rekening tabungan emas;
  3. Jenis emas terdiri dari merek Perusahaan yang bekerjasama dengan Galeri 24 seperti Antam dan UBS;
  4. Denominasi kepingan cetak emas ditentukan oleh Galeri 24 yang diketahui Nasabah sebelum transaksi;
  5. Biaya cetak emas per keping ditentukan oleh Galeri 24 yang diketahui Nasabah sebelum transaksi;
  6. Pembatasan transaksi pencetakan yaitu 1gram - 100gram per CIF per hari;
  7. Tempat pengambilan emas sesuai dengan tempat pembukaan rekening;
  8. Lama waktu pencetakan emas setelah order cetak berdasarkan Area Distro Galeri 24 seluruh Indonesia, yaitu:
    Zona Area Lama Waktu
    Zona I Area Jawa dan Bali Maksimal 15 hari
    Zona II Selain Area pada Zona I dan Zona III Maksimal 30 hari
    Zona III Area Tarakan, Ambon, Gorontalo, Palu, Sorong, Jayapura dan Natuna Maksimal 45 hari

Transfer Emas

Nasabah dapat melakukan transfer emas dengan Syarat dan Ketentuan pada formulir transfer emas yang ditetapkan oleh Pegadaian, dengan ketentuan pembatasan transaksi transfer yaitu 0,1 gram - 100 gram per CIF per hari.

Saldo Emas

Saldo emas dapat dijadikan barang jaminan oleh Nasabah khusus untuk Produk Pegadaian.

Biaya

  1. Nasabah berkewajiban membayar biaya yang dibebankan atas transaksi tabungan emas, yaitu:
    1. Biaya Pembukaan Rekening;
    2. Biaya Transfer Emas;
    3. Biaya Pencetakan Rekening Koran;
    4. Biaya Penggantian Buku Pegadaian Tabungan Emas yang hilang atau rusak;
    5. Biaya Penutupan Rekening;
    6. Biaya Fasilitas Penitipan Emas.
  2. Besaran biaya sebagaimana dimaksud ayat (1) Pasal ini sudah termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN);
  3. Ketentuan mengenai besaran biaya transaksi yang dibebankan kepada Nasabah dapat berubah sewaktu-waktu dan sepenuhnya ditentukan oleh Pegadaian termasuk pembebasan biaya sebagaimana dimaksud ayat (1) Pasal ini.

Catatan Rekening

  1. Pegadaian membuat dan menyediakan catatan atas setiap transaksi yang terjadi pada Rekening;
  2. Apabila terdapat perbedaan antara saldo rekening tabungan emas dengan saldo atau catatan yang tercatat pada pembukuan Pegadaian, maka sebagai acuan dipergunakan saldo atau catatan pada pembukuan Pegadaian kecuali dapat dibuktikan sebaliknya.

Penggantian, Pemblokiran dan Penutupan Rekening

Ketentuan penggantian Buku Pegadaian Tabungan Emas:

  1. Apabila Buku Tabungan Emas rusak/habis halamannya, Nasabah dapat meminta penggantian yang dilakukan di Kantor Cabang/Unit Cabang tempat pembukaan Rekening dengan menyerahkan Buku Pegadaian Tabungan Emas dan salinan kartu identitas diri yang masih berlaku serta menunjukkan aslinya;
  2. Apabila Buku Tabungan Emas hilang, Nasabah dapat meminta penggantian yang dilakukan di Kantor Cabang/Unit Cabang tempat pembukaan Rekening dengan menyerahkan Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian dan salinan kartu identitas diri yang masih berlaku serta menunjukkan aslinya;
  3. Nasabah dapat meminta kepada Pegadaian agar memblokir untuk sementara waktu dan/atau menutup Rekening berdasarkan ketentuan Pegadaian;
  4. Permohonan penggantian, pemblokiran, pencabutan pemblokiran dan penutupan Rekening harus dilakukan secara tertulis oleh Nasabah dan berdasarkan ketentuan Pegadaian;
  5. Penutupan Rekening oleh Nasabah atau ahli waris Nasabah dilakukan apabila Nasabah atau ahli waris Nasabah:
    1. Mencetak seluruh saldo emas yang ada dalam Rekening;
    2. Menjual kembali seluruh saldo emas yang ada dalam Rekening;
    3. Meninggal dunia bagi Nasabah orang pribadi;
    4. Likuidasi bagi Nasabah badan.
  6. Dalam hal Nasabah meninggal dunia atau likuidasi, penutupan Rekening dilakukan oleh ahli waris Nasabah atau likuidator Nasabah dan saldo emas akan diserahkan kepada ahli waris Nasabah yang sah sesuai ketentuan Pegadaian dan peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam bentuk sebagaimana diminta oleh ahli waris;
  7. Sehubungan dengan dilakukannya penutupan rekening dan penyerahan saldo Nasabah yang meninggal dunia kepada ahli waris Nasabah, maka Pegadaian dibebaskan sepenuhnya dari segala tuntutan hukum;
  8. Pegadaian berhak atas pertimbangannya sendiri untuk melakukan pemblokiran dan/atau menutup Rekening dalam kondisi:
    1. Apabila terdapat indikasi dan/atau dugaan perselisihan/tindak pidana atas seluruh atau sebagian kepemilikan emas yang terdapat dalam suatu Rekening dan/atau perselisihan/tindak pidana atas pihak lain baik Nasabah sendiri atau pihak ketiga lainnya yang berkaitan secara langsung atau tidak langsung sampai terdapat adanya suatu bukti penyelesaian perselisihan/tindak pidana tersebut;
    2. Apabila Nasabah dinyatakan pailit oleh Pengadilan;
    3. Atas perintah dari instansi yang memiliki kewenangan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku sampai ada instruksi lebih lanjut dari instansi tersebut untuk membuka kembali Rekening (jika ada);
    4. Rekening disalahgunakan, namun tidak terbatas, untuk menampung dan/atau melakukan kejahatan atau kegiatan-kegiatan lainnya yang dapat merugikan masyarakat dan/atau pihak lain dan/atau Pegadaian;
    5. Penggunaan Rekening tidak sesuai dengan tujuan pembukaan rekening.

Kewajiban Nasabah

  1. Nasabah wajib menyerahkan kepada Pegadaian contoh tanda tangan Orang Pribadi atau orang yang berhak mewakili Nasabah, menurut cara dan ketentuan yang berlaku pada Pegadaian. Contoh tanda tangan tetap berlaku selama tidak ada pemberitahuan perubahan secara tertulis dari Nasabah yang disampaikan kepada Pegadaian;
  2. Nasabah berkewajiban memberitahukan secara tertulis kepada Pegadaian dengan disertai dokumen pendukung yang sah jika terjadi perubahan data Nasabah. Perubahan ini berlaku sejak diterimanya pemberitahuan tersebut dengan baik oleh Pegadaian. Setiap kerugian yang diakibatkan karena adanya kelalaian pemberitahuan perubahan data tersebut di atas menjadi tanggung jawab sepenuhnya dari Nasabah.

Kebijakan dan Ketentuan Pegadaian

  1. Nasabah dengan ini menyatakan setuju pada kebijakan dan ketentuan yang ditetapkan Pegadaian dari waktu ke waktu, baik yang ada sekarang maupun yang akan dibuat di kemudian hari, berkaitan dengan:
    1. Administrasi dan operasional Pegadaian;
    2. Bentuk validasi/legalisasi yang dilakukan oleh Pegadaian atas setiap transaksi;
    3. Tarif namun tidak terbatas pada biaya sebagaimana dimaksud pada Pasal 10 Syarat dan Ketentuan Tabungan Emas ini;
    4. Penawaran imbal hasil dari Tabungan Emas, bahwa Pegadaian tidak memberikan imbal hasil atas Tabungan Emas ini, karena fungsi Pegadaian hanya menyimpan emas yang dititipkan oleh Nasabah sampai Nasabah melakukan buyback, order cetak emas, transfer, atau penutupan rekening berdasarkan ketentuan yang berlaku di Pegadaian.
  2. Pegadaian berhak sewaktu-waktu mengadakan perubahan, penambahan, atau pembaharuan terhadap Syarat dan Ketentuan Tabungan emas yang berlaku pada setiap jenis rekening dan/atau jenis produk dan/atau sistem yang digunakan oleh Pegadaian tanpa terlebih dahulu memberitahukan kepada nasabah dan wajib dipatuhi karena perubahan, penambahan atau pembaharuan tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan Tabungan Emas ini.

Pembebasan Tanggung Jawab

Nasabah dengan ini membebaskan Pegadaian, pejabat Pegadaian dan/atau karyawannya dari tanggung jawab, tuntutan dan/atau gugatan hukum dalam bentuk apapun, ganti kerugian berapapun dan/atau dari pihak manapun sehubungan dengan:

  1. Pengurangan nilai emas yang disebabkan oleh pembebanan atau pemotongan atau pajak yang dikenakan berdasarkan peraturan yang berlaku atau naik turunnya harga emas dan kerugian yang diakibatkan karena naik turunnya harga emas;
  2. Pelaksanaan ketentuan Penggantian, Pemblokiran dan Penutupan Rekening Tabungan Emas;
  3. Data yang terdapat dalam kartu identitas diri dan/atau berikut dokumen-dokumen lainnya yang disyaratkan oleh Pegadaian tersebut tidak benar atau dokumen fisiknya ternyata tidak asli;
  4. Segala hal atau sesuatu yang berada di luar kemampuan Pegadaian, antara lain termasuk namun tidak terbatas pada pelaksanaan peraturan Pegadaian dan/atau peraturan pemerintah lainnya yang berlaku di Indonesia baik yang berlaku saat ini maupun yang akan datang, kondisi force majeure antara lain pemogokan, huru-hara, perang, perpecahan, keadaan darurat, bencana alam, situasi politik, kegagalan dalam penerapan teknologi baru atau pada fasilitas komputer;
  5. Kerugian yang diderita Nasabah sebagai akibat dari penipuan dan/ atau penyalahgunaan tanda tangan basah (tertulis) atau identifikasi Nasabah lainnya dan kerugian akibat penyalahgunaan transaksi elektronik.

Pernyataan Nasabah

Nasabah dengan ini menyatakan:

  1. Setuju untuk mengikatkan diri pada Syarat dan Ketentuan Tabungan Emas;
  2. Keterangan atau informasi yang diberikan Nasabah kepada Pegadaian adalah mengikat Nasabah dan Pegadaian. Jika diperlukan, Pegadaian berhak setiap waktu meminta tambahan keterangan atau informasi mengenai Nasabah;
  3. Menjamin bahwa informasi yang telah diberikan dan/atau dituliskan adalah sebenar- benarnya;
  4. Bahwa salinan dokumen-dokumen yang disyaratkan oleh Pegadaian telah diserahkan kepada Pegadaian secara lengkap;
  5. Memberikan wewenang atau kuasa kepada Pegadaian untuk memberikan keterangan atau informasi serta salinan dokumen Nasabah kepada lnstansi yang memiliki kewenangan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  6. Segera memperbaharui data pada Pegadaian setiap kali terjadi perubahan pada data Nasabah;
  7. Memiliki kuasa dan wewenang untuk menandatangani Formulir Pembukaan Rekening dan melaksanakan Syarat dan Ketentuan Tabungan Emas;
  8. Bahwa setiap kuasa yang diberikan Nasabah kepada Pegadaian tidak dapat dibatalkan atau berakhir karena sebab apapun termasuk karena sebab sebagaimana disebutkan dalam Pasal 1813 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan Tabungan Emas;
  9. Bahwa uang yang Nasabah pergunakan tidak berasal dari dan/atau untuk tujuan pencucian uang (money laundering) dan/atau pendanaan kegiatan terorisme;
  10. Nasabah tidak menitipkan Buku Tabungan Emas kepada Pegadaian;
  11. Pegadaian tidak bertanggung jawab terhadap kerugian, yang terjadi dikarenakan kesalahpahaman atau tidak diberikannya data yang lengkap atau tidak dapat diterimanya pemberitahuan baik melalui telepon, faksimili, teleks atau yang disebabkan karena keterlambatan/tidak sampainya surat yang dikirim oleh Nasabah kepada Pegadaian atau surat yang dikirim oleh Pegadaian kepada Nasabah.

Pilihan Hukum

  1. Syarat dan Ketentuan Tabungan Emas ini tunduk pada hukum Negara Republik Indonesia;
  2. Segala hal yang belum cukup atau tidak diatur dalam Syarat dan Ketentuan Tabungan Emas ini akan tunduk dan mengikuti ketentuan-ketentuan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia;
  3. Mengenai Syarat dan Ketentuan Tabungan Emas ini dan segala akibatnya, Pegadaian dan Nasabah setuju untuk memilih tempat kediaman hukum yang tetap dan secara umum pada Kantor Pengadilan Negeri yang wewenangnya meliputi wilayah hukum Kantor Cabang Pegadaian dimana Tabungan Emas dibuka.

Lain-lain

Syarat dan Ketentuan mungkin diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu, Pegadaian menyarankan agar membaca secara seksama dan memeriksa syarat dan ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun, dengan mengakses aplikasi Pegadaian Digital, maka dianggap telah membaca dan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini.